World Ocean Day, Satpolairud dan TNI Bersama Masyarakat Bersihkan Pantai Pamekasan

    World Ocean Day, Satpolairud dan TNI Bersama Masyarakat Bersihkan Pantai Pamekasan

    PAMEKASAN - Hari laut sedunia (World Ocean Day) yang jatuh pada hari Sabtu tanggal 8 Juni 2024 diperingati oleh Satuan Polisi Perairan dan Udara ( Satpolairud) Polres Pamekasan Polda Jatim.

    Kapolres Pamekasan AKBP Jazuli Dani Iriawan, S.I.K., MTr.Opsla. mengatakan, peringatan World Ocean Day ini dilaksanakan serentak se Indonesia, dengan tujuan mengingatkan kepada kita akan peran laut dalam kehidupan sehari-hari. 

    “Laut adalah sumber penghidupan bagi masyarakat banyak serta merupakan bagian penting dari lingkungan hidup, ” ujar Kapolres Pamekasan, Sabtu (8/6).

    Dalam rangka memperingati hari laut sedunia ini Satpolairud Polres Pamekasan bersama TNI AL dan Koramil Tlanakan berikut Petugas UPT Pelabuhan Branta Pesisir serta perangkat Desa Branta Pesisir dan warganya membersihkan pantai disekitar pelabuhan Branta Pesisir. 

    Hal itu guna meminimalisir pencemaran sampah laut yang berasal dari aktifitas bongkar muat di pelabuhan Branta Pesisir yang terletak di Desa Branta Pesisir Kecamatan Tkanakan Kabupaten Pamekasan. 

    Sementara itu Ps. Kasatpolairud Polres Pamekasan, Iptu Isrok Wahyudi menjelaskan kegiatan membersihkan Pantai di peringatan hari laut sedunia ini untuk memberikan edukasi kepada masyarakat dalam mencegah pencemaran laut dari sampah.

    “Menggugah hati warga Masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan terutama di kawasan perairan atau laut, ”ujarnya.

    Menurutnya, sampah laut sangat mempengaruhi lingkungan biota laut, air laut menjadi keruh dan banyak sampah nyangkut pada karang atau terumbu karang.

    “Ini yang menyebabkan kerusakan pada terumbu karang, dan apabila terumbu karang rusak dapat menyebabkan produksi ikan berkurang dan bahkan nelayan akan sulit dalam mencari ikan, ”jelas Ipda Isrok. 

    Diharapkan dengan kegiatan ini masyarakat sadar untuk melindungi laut dari pencemaran akibat sampah.

    “Semoga kedepan warga Masyarakat makin cinta lingkungannya dengan tidak mengotori dengan sampah, ”  pungkasnya. (*)

    pamekasan
    Achmad Sarjono

    Achmad Sarjono

    Artikel Sebelumnya

    Cegah Laka Lantas, Sopir Bus Pengangkut...

    Artikel Berikutnya

    Menyambut Hari Bhayangkara Ke-78, Polres...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Nagari TV, TVnya Nagari!
    Mengenal Lebih Dekat Koperasi
    TV Parlemen Live Streaming
    Polri TV: Transparan - Informatif - Terpercaya
    Lantamal I Hadiri Peresmian Bendungan Lausimeme Oleh Presiden RI Joko Widodo

    Ikuti Kami